5 Cara Menjaga Berat Badan dan Kebutuhan Gizi Lansia di Masa Penyembuhan

Perbesar Huruf :

Saat orang lanjut usia sedang dalam masa pemulihan dari sakit, Anda perlu memastikan mereka mendapatkan cukup kalori dari makanan yang bergizi setiap hari. Pasalnya, salah satu dampak dari sakit yaitu menurunnya berat badan seseorang dan kekuatan tubuh berkurang.

Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi bisa bantu mempercepat penyembuhan mereka, mengembalikan sistem kekebalan tubuh bekerja dengan lebih baik, dan menjaga berat badan tetap ideal. Untuk membantu orang tua Anda, di bawah ini terdapat 5 cara menjaga berat badan dan memenuhi kebutuhan gizi mereka selama masa penyembuhan yang bisa dilakukan.

Sajikan Makanan Kesukaan Lansia dan Berikan Minuman Bernutrisi Sebagai Pelengkap 

Salah satu cara menjaga berat badan lansia sehabis sakit dan membangkitkan nafsu makannya yaitu dengan memberikan makanan atau minuman yang menjadi kesukaan mereka. Namun perlu diperhatikan, menu yang disajikan harus bergizi dan seimbang. Selain itu, memberikan susu untuk lansia juga bisa dilakukan di antara waktu makan demi memenuhi kebutuhan kalori mereka. 

Salah satu susu yang bisa dikonsumsi untuk membantu masa penyembuhan setelah sakit bagi lansia yaitu Goldsure by Ensure. Susu ini dapat diberikan untuk melengkapi nutrisi tubuh selama penyembuhan yang diawasi oleh dokter. 

Mengonsumsi setiap gelas Goldsure by Ensure sesuai dengan anjuran penyajian yang tertera dalam kemasannya akan memberikan 10 gram Triple Protein dari nabati maupun hewani dan HMB yang diperlukan tubuh. Kandungan-kandungan tersebut akan memberi kekuatan otot bagi lansia yang sedang dalam penyembuhan setelah sakit.

Terdapat juga omega-3 dan omega-6, kalsium dan vitamin D, 14 vitamin serta 9 mineral yang dapat mendukung kesehatan tubuh. Dilengkapi juga serat pangan FOS untuk mendukung kesehatan saluran cernanya. Mengonsumsi Goldsure by Ensure untuk pemenuhan asupan nutrisi di masa pemulihan harus dengan arahan dari dokter.

Bila sudah kembali sehat bisa beralih mengonsumsi Ensure yang akan bantu memenuhi nutrisi untuk kekuatan dan aktif sepanjang hari. Ensure diformulasikan dengan berbagai kandungan penting seperti Triple Protein (whey, kasein, dan soya) yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Tak lupa juga ada sumber serat pangan, 14 vitamin dan 9 mineral, tinggi kalsium dan sumber vitamin D, rendah laktosa sehingga nyaman di perut, omega 3 dan 6 yang bantu jaga daya tahan tubuh dan memberi kekuatan agar bisa tetap aktif sepanjang hari.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal Lansia & Tips Mudah untuk Meraihnya!

Berikan Nutrisi yang Orang Tua Butuhkan

Meskipun Anda memberikan orang tua makanan yang mereka sukai, pastikan juga terdapat makanan yang bergizi lain untuk menunjang masa penyembuhannya. Misalnya makanan yang mengandung vitamin C diperlukan untuk bantu tingkatkan kekebalan tubuhnya. 

Jaga Agar Tubuh Tetap Terhidrasi

Tubuh yang terhidrasi dengan baik setiap hari akan membantu kinerja organ tubuh berfungsi optimal. Mencukupi kebutuhan cairan juga bukan hanya dari air mineral saja, tapi bisa dari yang lain seperti susu, buah yang kaya air, dan sayuran. 

Bila orang tua Anda memiliki keterbatasan gerak, sediakanlah botol air di dekat kursi favorit atau tempat tidur mereka agar lebih mudah dijangkau. 

Jadikan Makanan Lebih Mudah Dikonsumsi

Lansia cenderung makan lebih sedikit semakin usianya bertambah. Ini dikarenakan berbagai faktor seperti kurang nafsu makan, masalah gigi, sulit menelan, dan lainnya. Ditambah lagi jika ia baru saja melewati sakit. 

Salah satu cara menjaga berat badan dan memenuhi kebutuhan gizi lansia yang perlu juga dilakukan yaitu dengan menyajikan menu yang lebih mudah dimakan. Misalnya Anda bisa menyajikan makanan dengan cara dipotong kecil-kecil atau dilunakkan agar lebih mudah dikonsumsi. 

Tetap Aktif Bergerak

Dengan melakukan olahraga rutin juga menjadi salah satu cara menjaga berat badan di masa penyembuhan. Tubuh yang aktif akan membuat Anda jadi lebih sehat dan lebih kuat.

Tidak perlu olahraga yang berat, lansia bisa melakukan olahraga ringan sesuai kemampuan fisiknya. Misalnya, melakukan jalan santai, pilates, dan yoga untuk pemula. Agar lebih bersemangat bisa mengajak anggota keluarga, teman, atau bergabung dengan komunitas demi tetap memiliki motivasi kuat untuk berolahraga dan saling memberikan dukungan. 

Itu tadi cara menjaga berat badan yang bisa dilakukan orang lanjut usia di masa penyembuhan setelah sakit. Hal yang tidak boleh terlupa yaitu pastikan dampingi orang tua Anda dalam melewati fase penyembuhan agar prosesnya berjalan dengan baik dan mereka juga lebih bersemangat menjalani hari. 

Baca juga: Tips Menambah Berat Badan Agar Anda Tetap Kuat di Usia Lanjut