Cara Menjaga Kesehatan Lansia dengan Lewat Pemberian Susu untuk Orang Tua

Perbesar Huruf :

Anda mungkin sudah berusaha melakukan cara menjaga kesehatan lansia dengan olahraga yang teratur dan menjaga pola makan dengan makan buah, sayur, dan serat setiap hari. Namun, sayangnya Anda masih saja mengalami masalah yang berkaitan dengan tulang dan otot. 

Coba lakukan pengecekan menu apa yang biasanya Anda konsumsi. Apakah sudah memenuhi kebutuhan protein, kalsium, dan vitamin D setiap harinya? Kandungan-kandungan tersebut berguna untuk menunjang kesehatan tulang dan otot. Salah satu asupan yang mengandung ketiganya bersumber dari segelas susu. 

Mengapa Orang Lanjut Usia Masih Memerlukan Susu? 

Seperti yang sudah diketahui bersama jika susu merupakan minuman yang banyak mengandung vitamin D, kalsium, dan protein. Kalsium mampu menjaga kesehatan tulang pada lansia, vitamin D dapat meningkatkan kepadatan tulang, dan melancarkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh.  Sementara protein untuk menjaga massa otot.

Namun selain itu, masih ada peran lain dari susu sebagai salah satu cara menjaga kesehatan lansia. Agar tahu lebih jelas, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

1. Memperlambat Terjadinya Osteoporosis dan Mencegah Radang Sendi

Orang lanjut usia memiliki risiko yang cukup besar untuk mengalami osteoporosis. Pasalnya seiring berjalannya waktu tulang akan semakin rapuh. Namun dengan mengonsumsi susu secara rutin tulang akan lebih kuat dan kepadatannya terjaga. 

Untuk radang sendi atau yang biasa dikenal dengan sebutan osteoarthritis juga bisa dicegah dengan mengonsumsi susu secara rutin. Bagaimana bisa? Ini berkat kandungan kalsium, vitamin D, serta protein yang saling melengkapi di dalam susu sehingga mampu menurunkan risiko dari kondisi ini.

Baca juga: Susu untuk Dukung Gizi Seimbang Lansia di Masa Pemulihan

2. Kesehatan Jantung Lebih Terjaga

Kandungan lain yang biasa terdapat dalam susu yaitu kalium, omega-3 dan 6 yang sudah dikenal baik untuk kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap normal. Namun ada manfaat lain dari kalium yaitu bisa mengurangi efek negatif dari natrium atau garam yang tinggi pada tubuh. 

Seperti yang diketahui, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi garam akan meningkatkan tekanan darah. Namun ternyata kebanyakan garam dalam tubuh juga akan mengikis kalsium pada tulang sehingga meningkatkan risiko terkena osteoporosis. 

Sedangkan omega 3 mampu membuat kolesterol baik meningkat dan menurunkan trigliserida, pembentukan plak pada pembuluh darah, dan tekanan darah. Adapun omega 6 mampu mengurangi peradangan pada tubuh. 

3. Menjaga Massa Otot

Bagi lansia yang sedang mendapatkan perawatan dari rumah sakit atau mengalami penurunan berat badan, protein yang ada pada susu menjadi salah satu nutrisi penting. Gunanya agar kondisi kesehatan bisa cepat pulih dan menjaga kesehatan tulang, kekuatan, dan massa otot. 

Itu tadi apa saja peran dari susu sebagai cara menjaga kesehatan lansia. Ternyata ada beragam fungsi susu untuk orang tua demi menjaga tubuh mereka tetap bugar dan sehat. Pastinya agar Anda bisa merasakan manfaat yang maksimal dari susu untuk orang tua, Anda perlu mengonsumsinya secara rutin sesuai anjuran yang tertera dalam kemasannya.

Salah satu susu untuk orang tua yang bisa Anda konsumsi sehari-hari yaitu Ensure dari PT Abbott Products Indonesia. Susu ini diformulasikan dengan nutrisi lengkap dan seimbang yang terdiri dari Triple Protein, yaitu perpaduan unik protein whey, kasein, dan soya yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Anda juga akan mendapatkan nutrisi berupa kalsium dan vitamin D yang sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang. Ada juga serat pangan, omega 3 & 6, serta 14 vitamin dan 9 mineral yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Agar semakin lengkap, dukung juga kesehatan lansia dengan melakukan olahraga rutin. Tidak perlu aktivitas fisik yang berat, Anda bisa melakukan gerakan olahraga ringan. Yang terpenting membuat tubuh bergerak agar tetap aktif dan sehat di usia lanjut. 

Baca juga: 5 Manfaat Kandungan Susu Ensure sebagai Cara Menjaga Kesehatan Otot Anda