Tanya Jawab Ensure: Seputar Penyakit Dan Perawatan Jantung

Perbesar Huruf :

Q: Apa saja penyakit jantung paling sering dialami di Indonesia?

A: Penyakit kardiovaskular masih menjadi ancaman dunia (global threat) dan merupakan penyakit yang berperan utama sebagai penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Di indonesia Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1000 penduduk individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Spektrum penyakit kardiovaskular di antaranya adalah penyakit jantung koroner, penyakit jantung hipertensi, penyakit jantung bawaan, gagal jantung, gangguan irama jantung, dan penyakit katup jantung.

Saat ini  PJK  masih berkontribusi sebagai spektrum penyakit jantung terbanyak di seluruh dunia dan menyebabkan tingkat morbiditas dan mortalitas yang tinggi

 

Q: Apa saja faktor resiko penyakit jantung koroner?

A: Risiko yang tidak dapat dimodifikasi; umur, jenis kelamin, dan keturunan.

Risiko yang dapat dimodifikasi: Rokok, Obesitas, Dislipidemia, Kurang aktifitas, Diet yang tidak sehat, Hipertensi, Stress, dan Konsumsi Alkohol

 

Q: Bagaimana pola makan & olahraga yang baik untuk mencegah penyakit jantung?

A: Berikut adalah pola makan & olahraga yang disarankan:

  • Untuk Menjaga kesehatan jantung secara optimal. Pola makan kita imbangi dengan diet gizi lengkap, porsi asupan makanan tidak berlebihan, batasi asupan lemak jenuh, dan hindari asupan garam maupun gula yang berlebih.
  • Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk saat ini saja, melainkan suatu investasi efek jangka panjang untuk kesehatan jantung.
  • Namun anda harus berhati-hati dalam melakukan exercise dan memastikan kondisi jantung anda aman.
  • Untuk mengetahui secara dini sebelum melakukan exercise yang berat kita bisa melakukan medical check-up khusus paket jantung.
  • Olah raga  yang aman adalah berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan yoga.

 

Q: Bagaimana pola makan & olahraga yang baik untuk penderita penyakit jantung?

A: Pola makan & olahraga yang disarankan untuk penderita penyakit jantung:

  • Pola Makan Yang Baik Pada Penderita Penyakit Jantung

Rekomendasikan panduan nutrisi pada penderita penyakit jantung oleh AHA: Disimpulkan bahwa dengan diet mengurangi asam lemak jenuh dan mengganti nya dengan asam lemak tidak jenuh maka akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

  • Olah Raga Yang Baik Pada Penderita Penyakit Jantung

Pasien-pasien dengan penyakit kardiovaskuler pada umumnya dianggap berisiko tinggi untuk berpartisipasi dalam program latihan fisik. Tapi dengan supervisi dan stratifikasi yang baik, risiko tersebut dapat diminimalisir. Secara ringkas, latihan fisik yang disarankan  pada penderita penyakit kardiovaskular terdiri dari 5 parameter:

    1. Frekuensi 4-7x/minggu
    2. Intensitas moderat
    3. Waktu min 20-30 menit, lebih optimal bertahap 45-60 mnt
    4. Modalitas: endurance, Continous: berjalan kaki,jogging, bersepeda, berenang, mendayung
    5. Progresi: dinaikkan bertahap dalam waktu 3-6 bln

 

Tips melakukan olah raga: Lakukan olahraga di saat cuaca tidak panas dan ketika masih memiliki banyak energi, misalnya di pagi hari. Saat berolahraga, jangan memaksakan diri dan pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.