Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin

Perbesar Huruf :

Menjaga kesehatan sangat penting untuk melawan virus dan bakteri merugikan yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Anda setuju dengan semboyan mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Salah satu cara mencegah penyakit adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bila ada kuman patogen yang berpotensi merugikan tubuh kita, maka sistem antibodi yang optimal dapat langsung mendeteksi dan mengeliminasinya. Namun, bagaimana caranya memastikan kita memiliki sistem imunitas yang baik agar tidak mudah sakit? 

Nutrisi

Tidak ada satu jenis makanan yang bila dikonsumsi akan langsung memberikan kekebalan tubuh. Kuncinya adalah variasi makanan sehat agar memperoleh gizi yang lengkap dan seimbang. Tubuh memerlukan makro nutrisi berupa karbohidrat, lemak dan protein. Walaupun ketiganya memiliki peran penting masing-masing, protein mempunyai peran krusial karena fungsinya sebagai bahan utama yang membangun dan memperbaiki kerusakan pada jaringan tubuh. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah pemenuhan mikro nutrisi, berupa vitamin dan mineral. Setidaknya ada 14 jenis vitamin dan 9 jenis mineral yang penting dalam mendukung kesehatan tubuh Anda. 

Makan makanan yang sehat dan kaya nutrisi setiap hari adalah cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga dapat melawan virus. Makanan sehat tersebut contohnya adalah berbagai jenis buah-buahan dan sayuran, yang kaya akan berbagai jenis vitamin yang merupakan antioksidan untuk menjaga kesehatan. Namun, bila ada kecenderungan sulit untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang bervariasi, misalnya pada orang tua lanjut usia, susah makan atau cenderung memilih-milih makanan, maka suplementasi mungkin diperlukan. Jika Anda tidak yakin bila Anda dan juga orang tua Anda sudah cukup mendapatkan vitamin di konsumsi harian, maka sebaiknya konsultasikan keadaan tersebut dengan dokter atau ahli gizi. Para ahli kemudian dapat merekomendasikan pemberian vitamin untuk orang tua Anda atau Anda sendiri untuk mengimbangi kebiasaan makan yang buruk tadi. 

Pemberian suplemen vitamin untuk orang tua usia 50 tahun ke atas tentunya akan berbeda dengan dengan kategori dewasa lainnya, karena jumlah kebutuhan yang berbeda, perlu disesuaikan dengan kondisi fisik dan aktivitas harian yang dijalani, akan tetapi jenis vitamin yang diberikan bisa jadi sama. Jadi Anda bisa memastikan suplementasi vitamin harian Anda sudah mengandung vitamin A, C dan E yang dapat membantu fungsi kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

Bila diperlukan, pilihlah suplementasi nutrisi mikro yang mengandung kombinasi vitamin dan mineral yang tepat, dan juga nutrisi makro, terutama protein yang baik dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Ensure merupakan satu-satunya nutrisi lengkap dan seimbang dengan triple protein dan juga dilengkapi 14 vitamin dan 10 mineral, tinggi kalsium dan sumber vitamin D, omega 3 dan 6, sumber serat pangan, rendah laktosa, serta terbukti klinis meningkatkan daya tahan tubuh dan memberi kekuatan aktif sepanjang hari. Bila dibandingkan konsumsi suplementasi berbentuk kapsul yang biasanya hanya menawarkan sedikit jenis vitamin saja di dalam setiap sajiannya, maka penggunaan Ensure akan lebih memastikan bahwa Anda dan juga orang tua yang Anda cintai mendapatkan nutrisi makro dan mikro yang lebih lengkap dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk menangkis penyakit. Konsultasikanlah dengan ahlinya untuk mengetahui dengan tepat kebutuhan nutrisi harian termasuk vitamin untuk Anda ataupun orang tua agar tidak mudah sakit. 

Sebelum terlambat, mulailah gaya hidup sehat dengan mengonsumsi nutrisi sehat setiap harinya agar daya tahan tubuh kuat sehingga virus dan bakteri berbahaya pun mudah dikalahkan.

 

Sumber:

British nutrition foundation. (2019). Exploring nutrients. Diakses dari https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/basics/exploring-nutrients.html?start=2

National Institutes of Health. (2020) Vitamin E. Diakses dari https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminE-HealthProfessional/

Streit, L. (2018) Micronutrients: Types, Functions, Benefits and More. Diakses dari https://www.healthline.com/nutrition/micronutrients