Tanya Jawab Ensure: Berkenalan dengan Hipertensi, Apa Saja yang Sebaiknya Kita Tahu?

Perbesar Huruf :

Q : Apa itu hipertensi ?

A : Hipertensi atau tekanan darah tinggi itu adalah suatu kondisi dimana kalau dilakukan pengukuran tekanan darah, angka yang ditunjukkan untuk tekanan darah sistolik (saat jantung berdetak) sama dengan atau lebih tinggi dari 140, dan tekanan darah diastolik (saat jantung beristirahat) sama dengan atau lebih tinggi dari 90 milimeter air raksa. Sering tidak kita sadari karena sering tidak bergejala. Nama lainnya The Silent Killer

Q : Kenapa orang bisa terkena hipertensi ?

A : Untuk penyebab hipertensi secara pasti masih belum dapat diterangkan. Tapi ada yang dinamakan faktor risiko, antara lain keturunan, gaya hidup tidak sehat, berlebihan konsumsi lemak dan makanan awetan, efek samping obat obatan, penyakit tertentu seperti diabetes, penyakit ginjal, penyakit jantung bawaan, kelainan hormon (tiroid), tumor kelenjar adrenal, tumor otak, obesitas. 

Q : Bagaimana mencegah hipertensi ?

A : Kalau ingin mencegah hipertensi, kita bisa mulai dengan menurunkan faktor risiko. Seperti menurunkan berat badan, mengurangi makanan siap saji dan awetan (juga mengurangi asupan garam hingga 5 gram sehari dari konsumsi rata-rata 9-12 gram sehari), jangan merokok dan konsumsi alcohol, atur pola makan, olahraga teratur dan manajemen stress.

Q : Jika sudah terkena hipertensi apa yang perlu dilakukan ?

A : Kalau kita sudah terlanjur hipertensi, kita bisa mengurangi risiko komplikasi. Dengan kontrol rutin ke dokter keluarga, jangan putus minum obat pengatur tekanan darah, walaupun kita tidak merasa keluhan apa apa. Penelitian mengatakan bahwa penurunan berat badan dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Kita juga harus rutin olah raga dan makan lebih sehat. Konsumsi garam sebaiknya dikurangi, dan garam tidak hanya berbentuk garam meja. Biasakan untuk membaca kandungan nutrisi makanan dan mulai hitung kandungan natrium atau sodiumnya.

Q : Makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi penderita hipertensi ?

A : Pilih makanan rendah natrium (garam), lemak dan kolesterol. Konsumsi makanan tinggi serat, kalium, kalsium, magnesium dan protein. Contoh makanan yang baik bagi penderita hipertensi : sayuran hijau seperti bayam, sawi, selada yang segar. Yogurt rendah gula dan lemak serta susu, kentang, oatmeal, ikan dan minyak ikan.

Q : Jika hipertensi apa boleh minum Ensure ?

A : Ensure tidak dikontra indikasikan untuk penderita Hipertensi. Kandungan proteinnya juga mencakup Triple Protein Blend yakni kombinasi unik protein whey, kasien dan soya.  Selain itu Ensure juga mengandung omega 3&6, 14 vitamin 9 Mineral, serat pangan FOS, tinggi kalsium dan sumber vit D, rendah laktosa serta rasa nya yang enak mempermudah kebiasaan minum susu kita.