Tanya Jawab Ensure: Kenali Penyebab Dan Cara Menjaga Kesehatan Otot

Perbesar Huruf :

Q: Dok, kenapa penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan kekuatan otot ?

A: Fakta bahwa sejak usia 40 tahun, massa otot berkurang hilang 8 % setiap dekade. Otot tidak hanya berperan dalam pergerakan namun memiliki fungsi metabolik (seperti mengatur gula darah) dan juga berperan dalam daya tahan tubuh.

 

Q: Apa tandanya kekuatan otot kita mulai berkurang?

A: Bila kita mulai merasakan hambatan untuk aktivitas fisik sehari-hari atau dengan tes sederhana seperti genggaman tangan/hand grip, tes berjalan 6 meter/6-metre walk, 5 time chair stand test, short physical performance battery.

 

Q: Apa saja faktor2 resiko untuk untuk hilangnya kekuatan otot ?

A: bertambah usia, merokok, kurang aktivitas fisik dan kurang asupan protein

 

Q: Aktivitas fisik harus bagaimana dok ?

A: resistance dan strength training

 

Q: Asupan proteinnya bagaimana ?

A: iya sesuai dengan studi seiring dengan bertambah usia, kebutuhan nutrisi juga berubah khususnya protein. Kebutuhan protein meningkat hingga 50%. Protein itu fungsi nya untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh serta berperan penting dalam daya tahan tubuh

 

Q: Mau tanya ensure boleh dikonsumsi dl jangka waktu panjang? Artinya ketika minum susu ensure juga bs mengganti supplemen ya?

A: Ensure dapat dikonsumsi dalam jangka panjang. Konsumsi Ensure dapat menggantikan suplemen untuk nutrisi yang terkandung dalam Ensure. Karena Ensure mengandung Triple Protein, Omega 3 & 6, 14 Vitamin 10 Mineral, Sumber Serat, Rendah Laktosa dan Rasanya Enak

 

Q: Rajin makan buah, makan sehat, tapi kenapa habis makan itu semua, rasa ngantuk melanda?

A: Mengantuk setelah makan bisa disebabkan oleh proses pencernaan yang membuat energi diprioritaskan ke saluran pencernaan dan melepaskan hormon yang menyebabkan kantuk (contohnya serotonin). Namun bisa juga karena gangguan kesehatan, contohnya diabetes. Bila kondisi mengantuk setelah makan ini dirasakan semakin rutin dan mengganggu aktivitasmu, bisa konsultasi dengan dokter pribadinya, ya

 

Q: Saya hampir tiap pagi olahraga jalan rata2 3,5 km, rajin mkn buah, cek darah rutin tiap 3 bln, alhamdulillah normal semua, pokoknya menerapkan pola hidup sehat deh, tapi klo sore saya cepat lelah, pengaruh apa kira2 ya...

A: Wah, diteruskan pola hidup sehatnya ya. Rasa lelah di sore hari bisa disebabkan karena aktivitas yang tinggi pada pagi hingga siang hari, waktu tidur yang kurang atau tidak teratur. Atau terlampau banyak minum stimulan di pagi hari seperti kopi. Ada juga kondisi kesehatan yang harus diwaspadai, seperti anemia, diabetes, gangguan tiroid yang menyebabkan tubuh terasa lelah. Bila kondisi ini berlanjut, silahkan berkonsultasi dengan Dokter Pribadimu, ya

 

Q: Pola makan yg baik untuk menjaga kesehatan otot seperti apa dok? Saya sekarang sudah mengurangi makan daging, kira2 bagus gak dr Mierna?

A: Pola makan yang baik sesuai dengan anjuran dari Kemenkes RI adalah pola makan gizi seimbang : Isi Piringku. Terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur sayuran dan buah-buahan dalam proporsi yang sesuai. Untuk protein hewani dan nabati masuk ke kelompok lauk-pauk, dimana sarannya adalah 70-80 gram protein hewani dan 100 gram protein nabati. Kalau mengurangi makan daging, coba dicari variasi protein tambahan dari sumber lain ya.

Q: Kalau sempat beraktifitas tinggi dalam waktu lama, tiba tiba berubah ke aktivitas yang sangat santai apakah ada efek sampingnya? ada tips khusus tidak Dr.Mierna ??

A: Untuk aktivitas fisik disarankan tetap dilakukan sesuai kemampuan tubuh. Apabila terjadi pengurangan aktivitas sehari hari, misalnya awalnya bekerja lalu pensiun. Saat pensiun dapat melakukan hal-hal lain yang melibatkan aktivitas fisik, seperti mengikuti organisasi di lingkungan rumah. Aktif berolah-raga atau mengembangkan hobby. Karena kesehatan tubuh dan mental kita memerlukan aktivitas fisik tersebut.

 

Q: Kira-kira aktifitas apa yang bisa orang tua saya lakukan selain jalan & senam untuk menjaga kesehatan otot Dok?

A: Untuk orang tua disarankan menjalankan aktivitas yang tidak membebani fisik (low impact). Selain jalan dan senam, bisa juga berenang, yoga, bersepeda, menari atau bermain bulu tangkis/tenis

 

Q: Saya banget ini. Mau nanya dong (1). Apakah faktor kelebihan berat badan berpengaruh sangat berpengaruh dengan cepat lelah dan daya tahan tubuh menurun? Meskipun aktivitas fisik juga sering dilakukan (jalan kaki, naik turun tangga, kerjaan rumah dll). (2). Apa saja yang harus dilakukan agar tubuh selalu segar dan tidak mudah sakit (saya sering sakit kepala, minum air putih juga sudah banyak).

 

A : Kelebihan berat badan sangat berpengaruh untuk kondisi cepat lelah yang dialami tubuh, karena tubuh kita menopang beban berat kita dalam beraktivitas, terutama di sendi lutut dan kaki. Kelebihan berat badan yang terlampau (obesitas) juga bisa mengganggu metabolisme tubuh yang akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh. Agar tubuh selalu segar dan tidak mudah sakit, kita harus rajin berolahraga, memperhatikan asupan nutrisi, dan tidur cukup serta teratur. Bila masih ada keluhan, silahkan berkonsultasi dengan Dokter Pribadimu, ya