Tanya Jawab Ensure: Pola Makan yang Tepat untuk Resolusi Sehat

Perbesar Huruf :

1. Bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi ini?

Di masa pandemi, untuk mencegah/terhindar dari Covid-19 adalah dengan cara menjaga daya tahan tubuh yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat, antara lain dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga rutin, tidur cukup, tidak stress dan selalu berpikir positif, serta tidak merokok. Selain itu protokol Kesehatan 3M harus selalu kita jalankan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer.

2. Makanan yang dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh?

Nutrisi yang adekuat dibutuhkan untuk semua sel tubuh agar dapat berfungsi optimal, termasuk juga sel di dalam system imun (pertahanan tubuh). Pola asupan yang dianjurkan adalah dengan mengonsumsi pola gizi seimbang, yang berarti dalam setiap porsi makan mengandung komposisi protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Berbagai makanan bervariasi sangat dianjurkan agar kebutuhan nutrisi harian dapat terpenuhi. Beberapa zat gizi yang diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh antara lain protein, vitamin A, C, D, E, zink dan selenium. 

3. Apakah kita butuh mengonsumsi suplemen vitamin C dan D dosis tinggi? Anjuran untuk periksa kadar vit D?

Pada prinsipnya, suplementasi vitamin dosis tinggi dapat dikonsumsi apabila ada indikasi atau defisiensi yang dapat diketahui dengan cara memeriksa kadar zat gizi tersebut di darah. Namun hingga saat ini pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar zat gizi masih belum banyak, dan jikalau ada harganya tidak/belum terjangkau masyarakat umum. Kebutuhan vitamin C dan D pada dasarnya dapat dipenuhi dari bahan makanan sumber yang dikonsumsi dengan variasi berbagai makanan. Berdasarkan AKG 2019, kebutuhan vitamin C sebesar 75-90 mg/hari dan vitamin D 600 IU/hari. Bahan makanan vitamin C bisa didapatkan dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, kiwi, jambu biji, papaya, manga, sawi hijau, dll. Sedangkan vitamin D bisa kita dapatkan dari ikan salmon, telur, susu, jamur dan pajanan sinar matahari. Selain vitamin C dan D, mikronutrien lain seperti vitamin A, E, zink dan selenium juga harus dipenuhi untuk menjaga daya tahan tubuh. Oleh karena itu intinya adalah mengonsumsi makanan bervariasi dan bergizi seimbang sehingga kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi dan daya tahan tubuh terjaga.

4. Apakah konsumsi susu dan yoghurt dapat bermanfaat untuk imunitas?

Susu dan yoghurt merupakan produk turunan susu yang keduanya mengandung protein dan vitamin D yang diketahui dapat menjaga daya tahan tubuh, serta kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Di dalam yoghurt juga mengandung probiotik yaitu mikroorganisme hidup yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan saluran cerna. Pada beberapa susu bubuk di dalamnya terkandung prebiotik yaitu suatu zat/makanan yang digunakan oleh mikroorganisme di dalam usus agar saluran cerna terjaga dengan baik, misalnya FOS dan GOS (fruktoologisakarida dan galaktooligosakarida). Sebagian besar sel imun ditemukan di dalam saluran cerna (usus) sehingga kita perlu menjaganya dengan baik.